Cara mudah mengikis afid pada tanaman Anda

Kutu afid sedang "melahirkan" anaknya (http://en.wikipedia.org)

Ada cara yang mudah dilakukan, terutama pada kutu yang menyerang tanaman hias di rumah. Namun, cara ini hanya efektif ketika populasi kutu masih cukup rendah. Jika populasinya sudah cukup padat, maka tanaman sudah keburu mati. Cukup sediakan 1 sendok makan deterjen (bisa merek apa saja), dan masukkan ke dalam 2 liter air. Kocok sampai semua deterjen terlarut sempurna. Siapkan talam plastik untuk penadah. Kemudian, carilah kuas cat yang masih baru (ukuran kuas disesuaikan dengan ukuran tanaman yang akan Anda bersihkan dari kutu). Ya, Anda tinggal menguaskan air deterjen tadi pada bagian tanaman yang ditempeli kutu. Kutu-kutu tersebut akan gugur satu per satu. Matikan setiap kutu yang berjatuhan di talam plastik. Setelah bersih dari kutu, tanaman dapat Anda siram (basuh) dengan air bersih untuk membersihkannya dari deterjen. Ingat, deterjen berpengaruh kurang baik pada jaringan tanaman.

Untuk tanaman yang berukuran lebih besar, Anda dapat menggunakan alat semprot (sprayer) untuk menyemprotkan larutan deterjen tersebut. Arahkan dan dekatkan nozzle pada kelompok kutu (biasanya di bagian pucuk tanaman), semprot, dan usahakan mereka gugur dari tempat bercokolnya. Kutu-kutu yang jatuh ke tanah biasanya akan mati karena dampak tekanan yang cukup kuat dari cairan deterjen yang keluar dari nozzle. Atau, untuk memastikan, Anda dapat memeriksanya kembali di permukaan tanah. Jika ditemukan individu kutu yang masih hidup, Anda tinggal menginjaknya sampai mati! Jangan lupa untuk menyemprotkan air bersih ke seluruh tubuh tanaman setelah selesai dengan perlakuan cairan deterjen.

Beberapa ahli menyarankan untuk menambahkan ekstrak dari beberapa tumbuhan pada cairan deterjen untuk memperkuat daya bunuh. Ekstrak daun tembakau merupakan salah satu contoh tumbuhan yang disarankan. Daun-daun tembakau yang tidak digunakan petani dipotong-potong kecil, kemudian dimasukkan ke dalam air dan dibiarkan satu atau dua hari. Ekstrak tersebut kemudian disaring menggunakan kain, dan dicampurkan dengan cairan deterjen. Tetapi, hati-hatilah dengan ekstrak tembakau, karena berdampak racun pula pada manusia!

Tumbuhan lain yang dapat digunakan adalah Nimba (Azadirachta indica), Lengkuas atau Laos (Zingiber aromaticum), dan Serai (Andropogon nardus). Gunakan perbandingan 7 kg, nimba, lengkuas, atau serai, 20 gr deterjen, dan 80 liter air. Campur bahan-bahan tersebut, peram selama kira-kira 24 jam, saring dengan kain, dan larutan siap digunakan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s