Cara mengurangi gangguan semut

Semut adalah salah satu serangga yang kuat, mudah beradaptasi, namun sulit dikendalikan. Gambar di atas menunjukkan bagaimana mereka mengelola dan mengembangkan sebuah koloni menjadi sebuah masyarakat yang kokoh.

Semut Pudhak (Tapinoma melanocephalum) yang sering mengerumuni makanan Anda! (http://bugguide.net)

Beberapa spesies semut kemudian menjadi “pengganggu” yang berbahaya. Misalnya, semut api, Solenopsis invicta adalah salah satu spesies semut yang menjadi hama di Amerika Serikat, China, Australia, Taiwan, dan Filipina. Di samping merusak dan menghancurkan tanaman di lahan, mereka juga mengganggu binatang peliharaan dan manusia di dalam rumah. Gigitan mereka juga cukup menyakitkan.

Salah satu pengendalian yang banyak digunakan orang adalah menggunakan insektisida. Pernahkah Anda menggunakan bahan ini? Memang mudah, tetapi banyak bahayanya lho. Residu yang menempel di lantai, meja, almari, dan lain-lain menimbulkan keracunan yang bertumpuk sedikit demi sedikit.

Sebenarnya ada beberapa cara yang lebih “masuk akal”, aman, dan tentunya, murah.

Resep 1. Pastikan “kebersihan” rumah. Pernahkah terpikir oleh Anda, bahwa kerumunan semut akan terbentuk ketika Anda secara tak sengaja menjatuhkan serpihan makanan, atau menumpahkan beberapa percik air mengandung gula. Bersihkan segera!

Resep 2. Menurut situs http://thegreenguide.com, semut tidak menyukai bahan-bahan semacam kayu manis, bau jeruk/ lemon, cengkeh atau teh mint. Letakkan saja di tempat-tempat yang sering dikunjungi semut.

Resep 3. Jika Anda dapat menemukan sarang semut (Anda dapat merunutnya dengan mengikuti iring-iringan semut), maka hancurkan dan bunuh ratu semutnya. Koloni semut akan rusak dan hancur jika ratunya mati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s