Lentera kunang-kunang

PENGALAMAN ANDA
Oleh: M. Soehardjan

Pada tahun limapuluhan di desa saya, Cawas (Kabupaten Klaten) penduduknya suka menggelar pertunjukan wayang kulit. Waktu itu memang tidak ada pertunjukkan lain kecuali itu. Kebetulan saya dan dua teman sekampung sedang dalam liburan sekolah. Kami bertiga sepakat untuk menontonnya, meskipun letaknya cukup jauh. Pada sekitar jam dua malam kami ingin pulang karena bagi kami dalangnya kurang menarik.

 

Malam cukup gelap, bulan memang tidak saatnya muncul.     Sebenarnya agak ragu juga kami berangkat pulang. Sebab kami    harus melewati jalan kampung yang gelap. Di siang hari memang teduh karena terlindung dari pohon-pohon yang rindang. Belum lagi mengingat adanya “ranjau-ranjau” yang berupa kotoran kerbau dan batu-batu yang cukup besar.

 

Sampai di pematang sawah, kami menyaksikan kunang-kunang beterbangan kian kemari. Ada ide menarik dari teman saya: Kami kumpulkan dulu kunang-kunang itu. Saya kebetulan membawa botol. Sambil menunjukkan botol kecil (± 50 cc) yang diisi dengan biji saga. Ketika kita berangkat memang ia mengguncang botol berisi biji saga itu dengan irama tertentu: crik, crik, crik …….. crik, crik, crik…… Setelah berkata demikian ia menuangkan biji-biji saga itu ke sakunya dan sibuk mengumpulkan kunang-kunang dan memasukkannya ke dalam botol. Kami berdua lalu membantunya.

 

Sebelumnya saya tidak begitu yakin apakah kerlipan serangga kecil itu mampu menolong kami. Nyatanya perjalanan kami menjadi lancar berkat si kunang-kunang.

 

Puluhan tahun kemudian saya sempat mengunjungi desa itu kembali. Pada malam hari desa menjadi terang karena aliran listrik telah mencapai desa itu. Namun saya kehilangan sesuatu. Tidak seperti dahulu, di halaman rumah tidak ada lagi kunang-kunang yang beterbangan.

 

Mengapa? Tidak lain karena bertahun-tahun, berton-ton insektisida diguyurkan ke dalam petakan-petakan sawah yang mengakibatkan hilangnya si kunang-kunang…………

 

Kunang-kunang Photuris lucicrescens (Bruce Marlin, 2003)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s