Potensi Intraguild Predation (IGP) pada pengendalian hayati

Di alam berlaku hukum “Setiap organisme tentu mempunyai musuh alami” yang bermakna sebagai potensi pengendalian pertumbuhan populasi satu jenis organisme. Pada aspek praktis, musuh alami ini dimanfaatkan manusia untuk mengendalikan serangga hama. Salah satu teknik yang digunakan manusia untuk memanfaatkan musuh alami adalah dengan melakukan pemindahan musuh alami dari satu tempat ke tempat lain. Pertanyaannya, apakah musuh alami tersebut bisa beradaptasi di lingkungan yang baru? Atau jika sanggup, apakah musuh alami tersebut justru menimbulkan kekacauan ekologis dengan memangsa organisme di luar organisme target? Jika hal kedua terjadi, maka pemanfaatan musuh alami harus ditinjau ulang karena berpotensi merusak susunan organisme dan fungsi ekosistem.

Salah satu bentuk kekacauan ekologis tersebut adalah terjadinya peristiwa pemangsaan oleh satu jenis organisme pemangsa pada organisme pemangsa yang lain, yang justru mengakibatkan potensi pemangsaan dari masing-masing pemangsa pada organisme target (manusia) menjadi berkurang.  Inilah yang disebut sebagai Intraguild predation (IGP) yang didefinisikan sebagai pemangsaan oleh satu spesies organisme pada organisme lain yang menggunakan sumber pakan sama.

Lalat syrphid predator, Episyrphus balteatus (www.nundafoto.net)

Lalu, bagaimana dampak IGP terhadap rantai makanan, jejaring makanan, dan secara makro pada fungsi ekosistem? Artikel ini membahas secara lengkap tentang hal tersebut. Temukan bahasan lengkapnya di artikel yang dapat dipesan di sini.

Rubrik Kajian Majalah SERANGGA volume 1 nomor 1 (November 2010)

2 thoughts on “Potensi Intraguild Predation (IGP) pada pengendalian hayati

  1. Pingback: Kumbang koksi, si imut yang buas tetapi indah « Rumah Serangga

  2. Pingback: Harmonia axyridis: membantu atau mengganggu? « Majalah SERANGGA online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s