Semut rangrang, Oecophylla smaragdina

Semut rangrang, Oecophylla smaragdina (en.wikipedia.org)

O. smaragdina adalah salah satu spesies semut yang paling banyak dipelajari, terutama peranannya sebagai musuh alami beberapa jenis hama, dan di beberapa tempat di dunia juga dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan.  Misalnya, petani di Muangthai menernakkan semut rangrang untuk dipanen larva dan pupanya (disebut kroto) dalam skala yang cukup luas. Di Indonesia, Anda mungkin sering menjumpai orang yang berprofesi mencari kroto di pohon-pohon besar.

Biologi semut rangrang cukup menarik. Serangga ini adalah spesies eusosial (sosial sejati) yang mempunyai koloni yang dihuni oleh beberapa kasta semut, dan kehidupannya sangat tergantung pada keberadaan pohon (disebut serangga arboreal).

Kajian mengenai peran semut rangrang sebagai pengendali hama telah dimulai pada tahun 304 Masehi di Cina. Pada waktu itu, semut rangrang terbukti mampu mengendalikan hama kutu-kutuan pada tanaman jeruk. Di Indonesia, semut rangrang juga diketahui memangsa beberapa jenis hama, misalnya larva lalat buah dan ulat bulu.

Temukan bahasan lengkapnya di artikel yang dapat dipesan di sini.

Rubrik Serangga di Sekitar Kita Majalah SERANGGA volume 1 nomor 1 (November 2010)

 

4 thoughts on “Semut rangrang, Oecophylla smaragdina

Leave a comment