Peran serangga di alam

Serangga adalah binatang yang memiliki jumlah spesies terbesar, di samping memiliki kelimpahan individu yang luar biasa. Mereka dapat ditemukan di hampir semua tempat, bahkan di tempat-tempat yang ekstrim. Polypedilum vanderplankei adalah salah satu serangga yang hingga saat ini dianggap paling adaptif terhadap lingkungan ekstrim. Sementara itu, serangga pemakan tumbuhan (herbivora) selalu memancing pertanyaan tentang peran ekologis dan ekonomis di alam. Artinya, sebagian serangga  ini merugikan manusia secara ekonomis (disebut sebagai hama), namun sebagian lagi justru dianggap menguntungkan karena memangsa tumbuhan pengganggu (gulma).

Meskipun demikian, kata kunci dari keberadaan serangga di alam adalah peran aktual mereka di alam, terutama karena mereka ditemukan di hampir semua tempat di muka bumi. Artinya, setiap jenis serangga dipastikan memiliki peran yang unik, entah sebagai herbivora, pemakan binatang lain (karnivora), penghancur bahan organik (detritivora), penyerbuk, bahkan sebagai sumber energi bagi binatang lain. Dalam konsep jejaring makanan yang menyusun proses kehidupan di alam, maka keberadaan serangga dianggap vital, dan bahkan dapat dikatakan tidak tergantikan. Oleh karena itu, penyikapan yang benar terhadap keberadaan serangga haruslah bijak, agar proses kehidupan di alam tidak terganggu.

Temukan bahasan lengkapnya di artikel yang dapat dipesan di sini.

Rubrik Forum Majalah SERANGGA volume 1 nomor 1 (November 2010)

One thought on “Peran serangga di alam

  1. sangat menarik postingnya, jadi ga sabar untuk menanti posting berikutnya. semangat terus untuk menulis ya mas, moga makin sukses majalahnya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s