Kutu busuk

Kutu busuk (bedbugs) adalah salah satu serangga hama rumah tangga yang cukup terkenal, karena reputasinya sebagai pengisap darah dan menimbulkan luka gatal yang menjengkelkan. Pengendalian yang sering diterapkan umumnya masih menggunakan bahan-bahan yang bersifat pestisidal, meskipun kemudian mulai muncul fakta bahwa mereka mengembangkan resistensi terhadap pestisida. Upaya yang bersifat non-kimiawi, misalnya dengan menjaga kebersihan di dalam rumah, menjaga agar kelembaban tidak terlalu tinggi, dan menjaga agar sinar matahari dapat masuk dengan baik ke dalam rumah merupakan hal yang lebih baik.

Kutu busuk (Hemiptera: CImicidae) (http://skinnymoose.com)

Bagaimana cerita tentang kiprah kutu busuk mengganggu manusia? Ikuti versi lengkapnya di artikel yang dapat Anda pesan di sini.

Rubrik Serangga di Sekitar Kita Majalah SERANGGA volume 1 nomor 2 (Januari 2010)

 

 

 

8 thoughts on “Kutu busuk

    • Coba sering-sering dipanaskan dan dianginkan di luar. Kutu busuk suka dengan kondisi lembab, jadi jika ranjang sering dipanaskan, mereka tidak akan betah di sana. Hit tidak banyak menolong, bahkan jika digunakan terlalu sering bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

    • Terima kasih kunjungannya. Untuk mencegah kedatangan kutu busuk, hindarkan kondisi lembab pada kamar tidur dan kasur. Seringlah cuci sprei dan jemur kasur hingga cukup kering. Jika terserang kutu busuk, gunakan minyak kayu putih untuk mengurangi gatal dan sekaligus menyembuhkan bentol-bentol. Propolis juga bisa digunakan, terutama untuk menghilangkan dampak infeksi dari “gigitan” kutu busuk. Semoga membantu.

    • Kutu busuk sangat menyukai tempat yang lembab. Cara paling sederhana, silakan membersihkan tempat tersebut. Kasur, bantal, dan guling atau kain bisa dijemur hingga benar-benar kering. Kalau perlu, kursi dan tempat tidur yang kotor juga dapat dijemur dan dikeringkan. Jika masih kurang, silakan dicoba kapur ajaib yang biasa digunakan untuk semut dan kecoa. Semoga membantu. Jika belum berhasil, silakan hubungi saya lagi ya. Terima kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s